Tata Cara Bertanya atau Mengadukan Masalah Kepada Guru/Staff Sekolah

Karena kurangnya Interaksi langsung antara Siswa/i dan Guru/Staff Sekolah, tidak bisa menjadi alasan bagi Siswa/i untuk melakukan percakapan yang tidak semestinya. Berkurangnya moral dan praktek 5S menjadi hal yang sangat disayangkan mengingat pada pandemi saat ini, tidak hanya siswa/i yang kesulitan dalam pembelajaran dari rumah, melainkan guru/staff juga lebih kesulitan. Oleh karena itu, kami meminta untuk saling pengertiannya antara Siswa/i, Orang Tua Siswa/i dengan Guru/staff bahwa kita sama-sama melewati pandemi ini. Pandemi harusnya bukan menjadi alasan untuk sengaja mengurangi nilai Moral dan Karakter yang harusnya bisa kita bangun sama-sama sebagai Keluarga Besar SMAN 17 Makassar. Untuk memulai dengan langkah yang kecil, saya sudah menyusun tata cara Bertanya atau Mengadukan Masalah Kepada Guru/Staff Sekolah yang seharusnya dipraktikkan oleh Siswa/i maupun Orang Tua Siswa/i kepada Guru/Staff semenjak Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

  1. Untuk mengawali percakapan, ucapkanlah salam lengkap (sesuai agama masing-masing) diikuti dengan sapaan “Kak”, “Pak/Bu”;
  2. Jika baru pertama kali memulai percakapan, maka berikutnya adalah perkenalkan diri anda dengan Nama Lengkap dan Asal Kelas;
  3. Setelah memperkenalkan diri, jangan lupa memohon maaf sebelumnya karena bisa saja anda mengganggu jam sibuk mereka. Guru/Staff juga punya pekerjaan lain yang lebih penting daripada anda;
  4. Jelaskan maksud dan tujuan anda dengan bahasa yang semi formal dan mudah dimengerti;
  5. Jika maksud dan tujuan anda sedang diproses, jangan lupa langsung menjawab pertanyaan atau membalas percakapan yang diutarakan oleh Guru/Staff walaupun dengan kalimat “Tidak Tahu kak/pak/bu”, “Iye kak/pak/bu”;
  6. Setelah permasalahan selesai, Sampaikanlah Terima Kasih dan Salam Penutup karena anda sudah mau dibantu.

Hal-hal yang membuat percakapan anda tidak dibalas/anda akan ditandai :

  • Memulai percakapan dengan huruf “P”. (Apa itu “P”?!!)
  • Tidak memperkenalkan diri.
  • Bertele-tele.
  • Menghilang begitu saja.
  • Tidak memasang nama dan foto profil yang jelas.
  • Menekan Guru/Staff agar cepat dibalas (SPAM).
  • Memulai percakapan pada tengah malam/dini hari.
  • Bersifat memaksa.
  • Dan lain-lain hal yang tidak pantas dilakukan kepada orang yang lebih tua.

Sekian yang dapat kami sampaikan, kami mohon pengertiannya kepada semua pihak. Jangan jadi lemah moral dan karakter hanya karena musuh tak terlihat. Kita menghadapi pandemi ini bersama-sama dan kita pasti bisa melaluinya bersama-sama pula.

#StayAtHome

#BelajarDariRumah

#WeThroughThisTogether

by :

7 thoughts on “Tata Cara Bertanya atau Mengadukan Masalah Kepada Guru/Staff Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *